Home » Tips Rumah Tangga » Tips: Membuka Usaha Laundry

Tips: Membuka Usaha Laundry

Wednesday, June 22nd 2011. | Tips Rumah Tangga

1. Masalah daya tahan aroma/parfum pada Laundry kiloan.

Kesalahan yang sering terjadi dan dilakukan oleh pengusaha laundry kiloan adalah;

A. Menggunakan produk kimia yang berbeda beda aromanya, sehingga menghasilkan crash/benturan aroma :

CONTOH : mencuci dengan deterjen dari produk merk “X” dengan aroma “A” lalu menggunakan softener produk merk “Y” dengan aroma “B” atau menggunakan pelicin “Z” dengan aroma “C”, karena aroma tersebut berbeda beda A-C, umumnya terjadi “crash” biang parfum pada serat kain, hasilnya bisa menyebabkan bau apek/tidak enak/tidak sesuai harapan atau bahkan tidak wangi sama sekali.

B. Pengusaha Laundry berusaha mencari produk deterjen atau softener yang sangat wangi ( cukup yang selaras/sama aroma (tidak perlu wangi sekali)).

Mengapa ini kesalahan? Tahap pencucian sesuai prosedur pada umumnya dibagi menjadi 4 yaitu:

1. Penyortiran/Pemisahan

2. Pencucian

3 Pengeringan

4. Pelipatan/Finishing

Tahap 1 biasanya tidak menggunakan kimia yang mengandung pewangi/parfum

Tahap 2 menggunakan deterjen lalu softener ( Disinilah letak kesalahan anda, jika anda mengharap aroma yang wangi pada tahap ini ) lalu masih melalui proses pembilasan dan tahap selanjutnya

Tahap 3 proses ini sangatlah mempengaruhi hilangnya aroma dari deterjen dan softener tersebut.

Tahap 4 Pelipatan/Strika biasanya menggunakan Pelicin+Pewangi. Tahap ini adalah tahap yang tepat untuk anda mengharapkan wangi pada pakaian anda.

TIPS Untuk anda:

Gunakan Detergent Grade B (tergantung kebutuhan dan noda pada pakaian) dan cukup Grade C (hanya untuk melembutkan) untuk Softener dan Pelicin A (Tidak perlu menggunakan Parfum Khusus Laundry).(Saran khusus penghematan pada laundry kiloan “Murah”)

2. Pemborosan pembelian bahan kimia yang tidak perlu (khusus laundry kiloan).

Dijaman sekarang banyak keluar produk produk baru yang spesifik, seperti cairan anti noda tinta, anti noda karat, anti noda oli,cairan multi fungsi, dll. Sebenarnya produk produk stain remover (penghilang noda) tersebut hanya dosis kadar tinggi surfaktan dan kimia pembersih yang ada pada bahan bahan yang ada pada deterjen (deterjen oxy bleach), alkalite, sour dan emulsifier. Anda harus membandingkan berapa harga yang anda bayar untuk membeli khusus cairan anti noda, dibanding anda menggunakan deterjen oxy bleach, sour ataupun emulsifier. Kalau penggunaan sesuai takaran standard masih belum bisa hilang juga, naikan kadar penggunaan. (konsultasi hubungi kami)

3. Pilih produk bukan dari kemasannya tapi kualitas dan harganya

Usahakan memilih produk curah (tanpa kemasan) atau pilih kemasan terbanyak (bukan per 1 kiloan) Mengapa?

- Anda Laundry komersil, bukan rumah tangga, artinya pemakaian deterjen, softener,pelicin,dll tidaklah sedikit. Buat apa anda membayar kemasan mewah dan bagus untuk 1kg (apalagi kemasan dibawah 1 kg) Tahukah anda berapa harga kemasan untuk produk 1kg yang termurah? (+/- Rp 1000,00) berarti harga produk yang anda beli sudah lebih mahal Rp 1000,00 (itu ilustrasi kemasan sederhana, bisa bayangkan kalau kemasan itu bagus dan mewah?? berapa harga kemasan yang dibebankan ke produk anda?)

4. Menghilangkan bermacam macam noda pada pakaian.

A. Noda Karat: Bersihkan dengan lap/kerik noda tersebut lalu oleskan sour ke bagian noda sebelum pencucian, lalu rendam 15 menit dengan deterjen (disarankan dengan Detergent OXY BLEACH ) menggunakan air hangat, lalu lakukan proses pencucian seperti biasa.

B. Noda Oli : oleskan EMULSIFIER kepada noda tersebut (bersihkan dan kerik dulu noda sebelum dioleskan) lalu rendam dengan air biasa campurkan DETERJEN dan EMULSIFIER kembali selama 30 menit, lalu lakukan proses pencucian seperti biasa.

C. Noda Darah lakukan sama seperti diatas dengan menggunakan ALKALITE direndam pada air dingin.

tags: , , , ,

Related For Tips: Membuka Usaha Laundry

Comment For Tips: Membuka Usaha Laundry