Home » Tips Uang Kertas » Tips manajemen keuangan

Tips manajemen keuangan

Monday, May 23rd 2011. | Tips Uang Kertas

Saya tertarik dengan pengalaman salah satu teman saya. Ia memenangkan hadiah pertandingan sebesar $50,000. Tetapi sangat disayangkan bahwa ia membuang-buang uangnya untuk hal yang tidak berguna dan beberapa bulan sesudahnya, ia harus menjual rumahnya untuk melunasi semua hutangnya. Ini terjadi karena ia salah menggunakan dan salah mengatur uangnya.

Saya betul-betul terkejut bahwa orang yang mendapatkan $50,000, bisa menjual rumahnya untuk menutupi hutangnya yang terus meningkat. Tetapi setelah diselidiki masalahnya, kita menemukan bahwa masalahnya bukan pada sifat borosnya, tetapi pada cara ia mengatur keuangannya.

Manajemen adalah faktor kunci untuk semua keberhasilan dan juga faktor paling penting untuk apapun di dunia ini. Semua hal seharusnya diatur secara sistematik dan dispilin. Uang adalah darah kehidupan dunia ini. Tidak ada yang mungkin di dunia ini tanpa adanya uang. Uang adalah kekuatan terbesar dan kekuatan itu seharusnya dipadukan dengan manajemen. Mengatur keuangan adalah pekerjaan yang menarik dan penuh tanggung jawab.

Pengaturan uang adalah sebuah proses dengan pendekatan profesional. Di bawah ini terdapat tiga langkah tentang pengaturan uang yang terbukti manjur dan berguna khususnya untuk kondisi keuangan sekarang ini. Di sini ada langkah-langkah yang perlu diikuti oleh semua orang.

Berhenti bertindak boros
Teman saya itu tidak bisa melakukan langkah ini dan akibatnya ia mengalami kebangkrutan meskipun sebelumnya ia mendapatkan banyak uang. Kita semua cenderung berpikir hari ini dan tidak pernah merencanakan masa depan. Jika kita melihat diri kita, kita bisa menemukan begitu banyak pengeluaran yang semestinya bisa dihindari dan begitu banyak uang yang bisa dihemat.

Manajemen bisa dilakukan dengan cara membuat sebuah daftar berisi pengeluaran sehari-hari dan urutkan dari yang paling penting ke yang tidak penting. Hentikan mengeluarkan uang untuk barang yang tidak berguna. Kebiasaan yang semakin memburuk bisa menyebabkan hutang terus meningkat.

Atur kartu kredit anda dengan cerdas
Kartu kredit adalah uang plastik dan anda tidak perlu menghitung seperti layaknya uang kertas untuk membayar barang. Hal itu menyebabkan anda tidak punya perasaan telah menghabiskan uang, dan begitu tagihan kartu kredit datang, anda baru menyadari kesalahan anda. Tetapi itu sudah terlambat, jadi waspadalah sejak dari awal.

Pertama-tama, saya merekomendasikan anda untuk membayar transaksi besar dengan menggunakan uang tunai dan bukan dengan kartu kredit. Dengan begitu anda bisa mengawasi pengeluaran dan mencatat semua pengeluaran. Pembayaran dengan uang tunai juga punya manfaat dimana anda bisa melakukan penawaran dengan si penjual. Keterlibatan perasaan ini tidak akan anda jumpai pada transaksi pembayaran dengan kartu kredit.

Jika anda melakukan pembayaran dengan kartu kredit, maka lacaklah pengeluaran harian anda. Catatan akan membantu anda untuk membuat anggaran, menuntun untuk membuat pembelian di masa depan dan memotong kebiasaan boros.

Menabung untuk masa depan
Menabung sangat dibutuhkan pada situasi seperti sekarang ini. Orang yang menabung sudah pasti menahan keinginannya. Tetapi menabung untuk hari depan akan membuat anda sadar akan pengeluaran yang sebetulnya bisa dihindari dan untuk membuat masa depan anda menjadi lebih baik.

Menabung adalah sebuah keputusan yang bijaksana. Setiap investasi keuangan seharusnya dibuat setelah mempertimbangkan dan menghitung semua fakta dan pilihan-pilihan. Janganlah mengikuti tren tetapi gunakan untuk hari depan dan juga jangan disalahgunakan.

tags: , , , , , , , , , , , ,

Related For Tips manajemen keuangan

Comment For Tips manajemen keuangan